Jumat, 07 November 2014

Cara Ampuh Update BIOS Mainboard PC Atau Laptop

Share On:

Basic Input-Output System (BIOS) adalah peranti lunak yang tertanam pada sebuah motherboard. BIOS adalah peranti lunak yang pertama kali dimuat pada komputer Anda sehingga Anda bisa menggunakan CD drive, tetikus dan keyboard saat Anda pertama kali menyalakan komputer Anda.
Panduan dibawah ini akan membantu Anda untuk melakukan flash (update) pada BIOS Anda.

Instruksi

1. Periksalah versi BIOS Anda saat ini

Anda akan membutuhkan informasi ini ketika Anda mengunjungi situs web pabrikan komputer Anda. bukalah program System Information pada Windows. Pada Windows Vista dan Windows 7, masukkan msinfo32 pada kotak pencarian, dan lalu klik System Summary. Versi BIOS Anda akan terlihat dibawah keterangan processor Anda. catatlah nomer dan tanggal (jika ada) versi BIOS Anda.
Gambar Pertama Bagaimana Cara Mengupdate BIOS Anda Oleh Segiempat

2. Tentukan Asal Sistem Anda

Ini adalah langkah pertama yang penting untuk menentukan dimana Anda mencari dan mengunduh versi BIOS yang benar. Apakah Anda membeli komputer Anda tersebut dengan model bundle ataupun dengan merakitnya? Jika Anda membeli komputer bundle, contohnya Dell, periksalah situs web mereka. Jika komputer Anda dirakit, periksalah situs web pabrikan motherboard Anda. Cari dan unduh versi BIOS komputer Anda, dan pastikan Anda mengunduh BIOS untuk model komputer Anda. dan pastikan juga Anda mengunduh file Read Me dan dokumentasi yang lain, untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengupdate BIOS Anda.

3. Backup BIOS Yang Anda Gunakan Saat Ini

Jika program untuk mengupdate BIOS dijalankan dari Windows ataupun sistem operasi lain, lakukan backup pada BIOS yang Anda gunakan saat ini terlebih dahulu. Kebanyakan dari program tersebut memiliki fungsi bawaan backup, dan menyarankan Anda untuk melakukan backup terlebih dahulu. Periksalah situs web pabrikan komputer Anda untuk informasi tentang cara melakukan backup BIOS Anda.
Gambar Kedua Bagaimana Cara Mengupdate BIOS Anda Oleh Segiempat

4. Persiapkan Komputer Anda

Hal yang paling berbahaya pada saat Anda melakukan flashing BIOS adalah ketika terjadi kekurangan daya listrik saat prosedur berlangsung. Jika Anda mengupdate BIOS laptop, pastikan baterai laptop Anda terisi penuh, dan gunakan colokan listrik sehingga Anda tidak kehabisan baterai. Dan jika terjadi kekurangan daya listrik ataupun mati lampu, baterai laptop Anda akan membuat prosedur terus berjalan.
Dan jika Anda mengupdate BIOS komputer desktop, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan Uninteruptable Power Supply (UPS) yang fungsinya mirip dengan baterai laptop.

5. Lakukan Update BIOS

Jalankan program installer atau file .exe yang telah Anda unduh untuk mengupdate BIOS. Jika program tersebut meminta Anda untuk menggunakan USB drive, coloklah USB drive Anda, restart komputer Anda dan aturlah agar komputer Anda booting dari USB drive Anda. Di dalam USB drive Anda isinya adalah update software, image BIOS yang ingin Anda update, dan kemungkinan juga file teks ‘readme’. Ikuti contoh ini: masukkan perintah semacam “awflash A06_123.bin” dan tekan Enter. Perintah ini akan menjalankan update BIOS.
Setelah terupdate, sistem akan membandingkan dua versi BIOS berbeda. Kebanyakan software update BIOS akan membaca image BIOS yang telah ada sebelumnya dan membandingkannya dengan image BIOS yang telah Anda unduh, dan lalu melakukan update.
Gambar ketiga Bagaimana Cara Mengupdate BIOS Anda Oleh Segiempat

6. Restart Komputer Anda

Setelah update BIOS selesai, komputer Anda akan secara otomatis ter-restart. Beberapa program tersebut akan meminta persetujuan Anda sebelum melakukan restart.

7. Atur Kembali BIOS Anda

Jika Anda mengetahui dan memahami pengaturan BIOS yang Anda inginkan, gantilah sekarang juga.walaupun kebanyakan PC berfungsi dengan baik dengan menggunakan pengaturan bawaan BIOS.

reff : http://segiempat.com/

* * * * *

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar